Membaca tipe anak dari permainan

29 Oct 2011

Berbicara jenis permainan anak, saya rasa tidak akan pernah ada habisnya. Semakin hari semakin berkembang saja jenis permainan anak-anak, yang dulunya hanya mengenal permainan tradisional yang minim alat (lebih banyak membuat alat permainan sendiri dari alam) sampai banyak diproduksi jenis-jenis permainan anak pabrikan dan semakin berkembang lagi, dengan penambahan teknologi pada alat permainan, seperti yang banyak kita temui sekarang ini. Namun, dari yang berbahan alam, hasil pabrikan atau yang ditambahi teknologi, dapat diambil benang merahnya bahwa bentuk dasar alat permainannya sama saja. Kemudian saya mencoba mengamati bagaimana anak-anak biasa bermain. Dari pengamatan saya tersebut, saya mencoba untuk membaca karakter/tipe anak dari cara bermain mereka. Seperti dibawah ini;

1. Aktif (kreatif)


Ciri umum: Banyak gerak, berani, banyak tanya dan suka bereksperimen.


Sikap bermain : Umumnya, anak-anak aktif ini, lebih banyak bermain tanpa alat, missal berlarian kesana-kemari, memanjat-manjat,dll. Tapi, jika mereka bermain dengan alat permainan, misalnya saja mobil-mobilan, maka dia lebih senang membongkar body mobil-mobilannya daripada memainkannya, menambahkan lipstick dengan spidol pada permainan boneka, atau mencoba mengganti kaki atau tangan robot yang satu dengan yang lain, dll. Daya imajinasi anak-anak ini amat tinggi, sehingga mereka lebih senang untuk menambahkan, memodifikasi atau menggabungkan alat-alat permainan mereka, daripada memainkannya saja. Bahkan terkadang tercipta permainan baru dari tangan kreatif mereka.


Anjuran : Biarkan mereka berkreasi, selama itu tidak membahayakan. Berikan permainan yang merangsang daya kreatifnya, seperti puzzle, balok susun, dll.


2. Sederhana (tidak neko-neko)

Ciri umum: Kebalikan dengan mereka yang aktif, anak-anak ini lebih

kalem dan pendiam, mereka bermain dengan konvensional, tidak

neko-neko.


Sikap bermain : Sikapnya yang kalem dan konvensional, terlihat dari cara bermainnya yang lurus-lurus saja. Anak-anak dengan karakter ini, dipastikan memiliki alat permainan yang tersusun rapid an bahkan masih terlihat baru. Mereka bermain dengan sebagaimana semestinya permainan itu dimainkan. Misalnya bermain mobil-mobilan, tidak sampai mencopot stiker hiasan (bila ada stikernya) yang menempel dimobil-mobilan, bila mobilannya habis batere, mereka hanya menggantinya saja, tanpa mengoprek tempat batere seperti apa. Atau mereka hanya mengganti baju Barbie, tanpa mencoba mencoret-coret wajah barbienya dengan crayon.


Anjuran : Arahkan mereka untuk dapat lebih kreatif, dampingi saat bermain dan berikan permainan yang lebih banyak menggunakan daya imajinasi.


3. Pandai bergaul


Ciri umum: mudah berekspresi, senang berkelompok, ceria,


Sikap bermain : Sebagian besar anak memang memiliki sifat dasar yang ceria, namun bagi mereka yang pandai bergaul, akan terlihat dari gaya mereka bermain. Mereka lebih suka bermain dengan berkelompok (dengan banyak teman) yang melibatkan banyak interaksi antar pemainnya. Jika mereka bermain dengan alat permainan, mereka lebih memilih seperti boneka tangan, lompat tali, balap mobil-mobilan, yang dapat dinikmati bersama.


Anjuran : Bermain dengan banyak teman memang bagus, namun permainan kelompok memungkinkan adanya keributan kecil antar mereka, untuk itu perlu pengawasan dan arahan atau sesekali libatkan diri untuk bermain.


4. Pemarah (mudah ngambek)


Ciri umum: cenderung egois dan semaunya sendiri, gampang kesal, sering menangis

Sikap bermain : Anak tipe ini, terlihat dari cara bermainnya yang ngotot bisa dibilang cenderung arogan. Bila sedang bermain sendiri, dan merasa permainannya kurang memenuhi keinginannya, mereka bisa saja merusak mainan. Bermain bersama temanpun, akan lebih sering ngotot, bahkan tak jarang bermain curang agar bisa memenangkan permainan.


Anjuran : Ajarkan untuk lebih peka, pilih permainan yang sesuai dengan keinginan dan hobynya. Untuk tahap awal, turuti dulu apa kemauannya, kemudian pelan-pelan arahkan agar dapat mulai bersosialisasi dengan teman dalam permainan. Bila kebetulan bermain game seperti PS atau game online, pilihkan game yang merangsang ekspresi dan cenderung lucu.

Saya tidak memiliki basic psikologi dan juga tidak bergerak aktif dalam dunia anak-anak, karakter-karakter diatas, hanyalah pengamatan saya secara pribadi pada keponakan, anak-anak tetangga dan lingkungan saja. Bila ada yang kurang berkenan dan kurang setuju, mohon maaf dan semoga berkenan mengarahkan

Semoga catatan saya ini, bermanfaat bagi Anda dan syukur bila dapat membantu perkembangan putra/putri tercinta.. :)

Mari cintai anak-anak :)

iyha-212

Tulisan ini, diikutsertakan dalam Mainan Bocah Contest di Surau Inyiak

mainan-bocah-contest-banner


TAGS anak kontes mainan bocah mainan anak permainan tipe karakter


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post